Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Penilaian Borang Akreditasi Program Studi Sarjana Dengan Metode Objective Matrix (OMAX)

Authors

  • Nasrullah Universitas Handayani Makassar

Keywords:

akreditasi, borang, objective matrix, waterfall

Abstract

Borang akreditasi merupakan media untuk mengumpulkan dan mengungkapkan data serta informasi yang digunakan untuk menilai kelayakan dan mutu institusi perguruan tinggi.  Salah satu permasalahan umum dalam penyusunan borang akreditasi yaitu tidak sesuai dengan standar serta belum adanya pemahaman untuk menghitung nilai akhir dari seluruh instrumen borang yang telah disusun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat bantu berupa perangkat lunak dalam penilaian instrumen akreditasi dengan metode Objective Matrix (OMAX). Tahapan penelitian dimulai dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi literatur terkait topik penelitian. Tahap perancangan dan pengembangan aplikasi borang dilakukan secara iterative dan incremental dengan metode waterfall. Dalam pengolahan data, pengukuran produktivitas dilakukan dengan menggunakan metode OMAX. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi simulasi penilaian borang dapat digunakan sebagai tahap awal dalam menilai kelayakan borang akreditasi berdasarkan elemen yang menjadi standar.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Nasrullah. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Penilaian Borang Akreditasi Program Studi Sarjana Dengan Metode Objective Matrix (OMAX) . Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali), 8(3), 187–191. Retrieved from https://elektroda.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/130