Analisis Penggunaan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai Solusi untuk Mengatasi Tegangan Kejut pada Suplai Daya Motor Control Center (MCC)

Authors

  • Alhidayat
  • Samuel Jie
  • Wa Ode Zulkaidah
  • Mustarum Musaruddin
  • Mansur
  • Agustinus Lolok
  • Luther Pagiling

Keywords:

Jatuh Tegangan, MCC, Motor CWP, PLTU.

Abstract

Motor circulating water pump (CWP) adalah salah satu peralatan yang sangat penting di sebuah pembangkit listrik. Namun pada PLTU Nii Tanasa sering terjadi jatuh tegangan yang mengakibatkan ikut tripnya peralatan bantu boiler dan turbin Pltu nii tanasa, Untuk mengatasi jatuh tegangan dilakukan modifikasi modifikasi pemindahan tegangan control Motor Circulating Water Pump pada panel Motor Control Center (MCC) menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS). Hasil perhitungan yang telah dilakukan bahwa diketahui jatuh tegangan antara penyulang kendari sampai Pltu Nii tanasa Kendari dengan tegangan kirim 6 kV tegangan terimanya 3.89 kV dengan jatuh tegangan total 2,11 kV dan presentase jatuh tegangan 35,2 % Dari hasil perhitungan di atas, tampak jelas bahwa jatuh tegangan sebesar 38,3 % mengakibatkan tegangan input MCC turun secara drastis dari 380 V menjadi 67,9 V sehingga MCC gagal start untuk menjalankan motor CWP unit 2 yang mengakibatkan Vacuum Condenser low dan relay proteksi trip. Dan hasil perhitungan setelah menggunakan UPS, terlihat bahwa jatuh tegangan (∆V) sebesar 0,64 % pada input MCC adalah dalam batas normal sehingga MCC dapat melaksanakan fungsinya tanpa mengalami trip. Pada suplai motor CWP, tampak pula bahwa jatuh tegangan (∆V) sebesar 3,2 % berada dalam batas normal sehingga motor CWP tersebut dapat start secara normal tanpa terjadi trip.

 

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Alhidayat, Samuel Jie, Wa Ode Zulkaidah, Mustarum Musaruddin, Mansur, Agustinus Lolok, & Luther Pagiling. (2023). Analisis Penggunaan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai Solusi untuk Mengatasi Tegangan Kejut pada Suplai Daya Motor Control Center (MCC). Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali), 8(4), 295–302. Retrieved from https://elektroda.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/156