Sistem Monitoring Penggunaan Daya Listrik dengan Power Meter Acuvim II Berbasis Website (Studi Kasus PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar New Port)

Authors

  • Samuel Panggalo Universitas Hasanuddin
  • Andani Achmad Universitas Hasanuddin
  • Amirul Mu’minin Parenrengi Universitas Hasanuddin

Keywords:

sistem monitoring, power meter, RS485, quality of service.

Abstract

Dalam beberapa tahun belakangan ini proses monitoring di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar New Port menggunakan metode manual yaitu datang ke power house untuk melakukan pencatatan penggunaan daya listrik untuk setiap harinya. Hal ini membuat proses monitoring kurang efisiensi dalam hal waktu maupun tenaga. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan sistem monitoring penggunaan daya listrik pada power meter berbasis website dengan tujuan untuk mempermudah monitoring penggunaan daya listrik. Proses pemantauan dapat dilakukan secara langsung meskipun dari jarak jauh menggunakan website. Penelitian ini menggunakan Power Meter ACUVIM II sebagai alat ukur daya listrik dan juga modul RS485 untuk serial komunikasinya. Hasil pengujian kinerja sistem ini menunjukkan pada pengujian delay mendapatkan rata-rata 0.671328 ms, nilai ini termasuk dalam kategori best dan berindeks 4 dalam standar tiphon. Kemudian pada pengujian jitter mendapatkan rata-rata bernilai 0.049501 ms, nilai ini termasuk dalam kategori good dan berindeks 3 dalam standar tiphon. Adapun untuk rata-rata packet loss yang hilang bernilai 0%, dari hasil tersebut termasuk dalam kategori perfect dan berindeks 4 dalam standar tiphon. Dengan penerapan sistem ini, pengguna dapat dengan mudah memantau di mana saja dan kapan saja sehingga rencana konsumsi daya listrik yang efisien dan efektif dapat lebih dioptimalkan.

 

 

 

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Panggalo, S., Achmad, A., & Parenrengi, A. M. (2023). Sistem Monitoring Penggunaan Daya Listrik dengan Power Meter Acuvim II Berbasis Website (Studi Kasus PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar New Port). Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali), 8(2), 80–85. Retrieved from https://elektroda.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/38